WILUJENG SUMPING DI SKKS RANCABANG CIANJUR (www.skkscianjur.blogspot.com)

Selasa, 02 Juli 2013

Gunung Padang



Cianjur merupakan salah satu Kabupaten di Jawa barat yang memiliki tempat-tempat wisata budaya dan sejarah yang luar biasa, salah satunya Situs Megalith Gunung Padang yang akhir-akhir in menjadi pembicaraan dikalangan para sejarawan dan Para Arkeolog Dunia.

Lokasi situs Megalith Gunung Padang bertempat di Kp Panggulan, Desa Karya Mukti kecamatan Campaka berjarak 50 KM dari Cianjur Kota. situs ini diperkirakan berusia sekitar 13.000 tahun.
Itu artinya, peradaban di Situs Gunung Padang lebih tua dari peradaban Mesopotamia dan Pyramid Giza di Mesir, yang selama ini dipercaya sebagai peradaban tertua di dunia. Situs ini diperkirakan luasnya mencapai 10 kali luas Candi Borobudur di Jawa Tengah.


Dengan keberadaan Situs Magalith Gunung Padang di Cianjur membuat banyak penasaran warga ingin mengunjungi dan melihat langsung situs terbesar itu, begitupun dengan Rombongan SKKS Kademangan Cianjur pada tanggal 29 Juni 2013 melaksanakan kunjungan Wisata Sejarah ke Gunung Padang, peserta kunjungan tidak hanya dari SKKS Cianjur tetapi juga dari daerah Jakarta, bandung Sukabumi dll.

“ Saya sangat bangga menjadi masyarakat Cianjur, karena di tempat saya tinggal ini terdapat sebuah peninggalan sejarah yang menjadi peradaban tertua di dunia, dan harus lebih di jaga oleh pemerintah juga oleh rakyat Cianjur sendiri “. Ungkap Maman salah seorang pengunjung Situs Gunung padang.

Hingga Saat ini, penelitian masih dilakukan, pengelolaan Situs Gunung padang saat ini berada di bawah Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala atau BP3. “ Situs ini telah ada ribuan tahun lalu, namun baru terungkap akhir2 ini, tapi tidak ada kata terlambat untuk kita menjaga dan melestarikan warisan sejarah yang Luar Biasa ini “ ungkap Angga Anggrian, Demang Cianjur usai mengunjungi Situs Gunung Padang//yuliana

1 komentar :